topbella

Senin, 19 Juni 2017

Nama tanaman segudang manfaat yang wajib punya

Ada berbagai cara penyembuhan penyakit yaitu secara medis yang menggunakan obat kimia dan ada pula pengobatan herbal.
Seiring perkembangan alat dan teknologi ada begitu macam-macam obat yang terbuat dari bahan sintetis atau kimia dengan efek samping yang juga lumayan besar dari penggunaan obat kimia tersebut.
Kini pengobatan secara alami atau tradisional mulai banyak dipakai kembali oleh masyarakat di samping murah juga tidak memberikan efek samping berbahaya seperti obat kimia.
Berikut saya kumpulkan nama-tanaman herbal yang besar akan manfaatnya yang wajib kamu punya di kebun.
1. Pohon sirsak
Tanaman ini dikenal sebagai nangka belanda makanya dalam bahasa sunda buah ini bernama nangka walanda. Buah ini banyak sekali manfaatnya salah satu manfaatnya yang paling hebat adalah air rebusan daun sirsak bisa menghancurkan sel kanker lebih baik daripada kemoterapi. Karena kemo akan menghancurkan sel kanker juga sel sehat, kalau air rebusan daun sirsak akan menyeleksi sel terlebih dahulu antara yang sehat dan yang sakit sehingga dalam pengobatan kanker dengan rebusan daun sirsak hanya akan membunuh sel kankernya saja dan sel baiknya dibiarkan.
Cara membuatnya: ambil 5 helai daun sirsak (semakin tua semakin bagus) pilih yang daunnya mulus, cuci, campur dengan 200 air matang, remas-remas lalu ambil airnya saja, minum 2-3 kali sehari.
2. Lidah Buaya
Tanaman yang satu ini dikenal memiliki manfaat untuk menyuburkan rambut dan membuatnya bertambah hitam, selain itu lendir lidah buaya adalah anti septik terbaik daripada anti septik lainnya karena jika kita mengoleskan lendir lidah buaya pada luka akibat terkena sesuatu yang panas maka luka insya Allah tidak akan menghitam dan sebaliknya hasilnya akan berbeda apabila menggunakan odol. Manfaat lain lidah buaya untuk kulit adalah untuk menghilangkan bekas luka dan meratakan warna kulit dengan penggunaan yg rutin.
3. Tanaman lidah mertua atau Sansivera
Apabila tanaman lain mengeluarkan karbonmonoksida saat malam, maka berbeda dengan sansiveira. Tanaman ini tetap akan mengeluarkan oksigen saat di malam hari sehingga cocok sebagai tanaman hias dalam ruangan. Selain itu, kemampuan menyerap karbon dioksidanya yang sangat luar biasa sehingga cocok ditaruh di ruangan yang sering digunakan untuk perokok nantinya udara yang penuh asap akan dinetralkan oleh sensivera ini. Satu lagi kemampuan ajaib sensivera adalah mampu menekan radiasi yang terpancar dari elektronik. Pembahasan mengenai manfaat sansivera ada di blog ini.
4. Jahe
Tanaman yang disebut dalam Al-quran pasti memiliki manfaat yang luar biasa salah satunya adalah jahe.
Jahe memiliki banyak sekali manfaat berikut beberapa manfaat yang sudah dirasakan penulis sendiri.
a. Menghilangkan mual dengan cara merebus jahe dan dicampur gula merah
b. Memutihkan kulit seluruh badan termasuk wajah, dengan cara: tuang setengah botol cuka, campurkan dengan irisan jahe hingga tinggi cuka tidak melebihi tinggi irisan jahe, diamkan dalam kulkas semalam, campurkan madu ke dalamnya (saya dulu menggunakan 1 sachet madu Tije, di lain kali menggunakan 1 sachet maduroso. Pakai madu tije lebih lengket saat pemakaian tapi efeknya lebih bagus) dan biarkan 30 menit sebelum dioles ke bagian tubuh yang mau diputihkan (sebelum digunakan coba tes iritasi kulit terlebih dahulu. Caranya, oleskan campuran tersebut ke belakang daun telinga, apabila tidak ada ruam maka boleh dilanjutkan, hindari penggunaan di sekitar mata untuk menghindari masuknya cairan ke mata). Saat mengoleskan ke bagian wajah, jangan lupa selalu mengipasinya untuk meminimalisir terciumnya aroma yang menyengat masuk ke hidung, diamkan hingga kering lalu bilas dengan air hangat agar nutrisi dapat terserap kulit.
5. Bintinu
Tanaman ini sangat bermanfaat untuk menyembuhkan sakit panas dalam, pencernaan kurang lancar dan sariawan.
Caranya: ambil 5 lembar daun bintinu muda, campur dengan 200 ml air matang lalu peras dan ambil airnya. Minum 2x sehari Insya Allah dalam 2 hari minum rutin akan sembuh.
6. Jambu biji
Hasil penelitian yang jarang diketahui adalah bahwa jambu biji memiliki kandunga  vitamin C lebih banyak daripada jeruk
7. Cabe rawit/cengek
Memiliki kandungan vitamin c juga lebih tinggi daripada jeruk. Namun kandungan capsaicin yang menimbulkan rasa panas menyebabkan cengek harus dikonsumsi dalam jumlah sewajarnya agar tidak menimbulkan sakit.
8. Tomat
Tomat termasuk tanaman palawija sehingga untuk mengkonsumsinya bisa di masak ataupun langsung dimakan sebagai buah. Tomat termasuk buah ajaib karena semakin lama dimasak vitaminnya semakin bertambah. Tomat bagus digunakan sebagai masker anti penuaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Krida Salsabila
Lihat profil lengkapku