topbella

Rabu, 10 Desember 2014

Makalah TIK Email dan Publikasi Media Sosial



BAB I
PENDAHULUAN


1.1.    Latar Belakang
Pemanfaatan komputer sebagai sebuah sarana pengembangan pendidikan saat ini sudah menjadi suatu kebutuhan utama. Hal ini didasarkan kepada beberapa faktor utama, yaitu Perkembangan Teknologi yang semakin pesat.
Salah satu ciri kemajuan teknologi di era globalisasi pasti tidak terlepas dari adanya komunikasi. Dengan menggunakan internet, kita dapat berkomunikasi dengan orang-orang di seluruh dunia. Ada banyak cara kita dapat berkomunikasi dengan orang lain, salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan E-mail (seperti Yahoo.mail, Google mail dsb) dan Media Sosial (spt Facebook, Edmodo, Twitter, dan BBM).

1.2.    Manfaat
Dengan pemanfaatan media yang optimal, maka akan tercapai efisiensi dan efektifitas kerja, meningkatkan ketelitian dalam suatu bidang pekerjaan, serta memperluas jenis pekerjaan yang dapat dilakukan tiap satuan waktu. Namun, ada masyarakat tertentu yang belum mampu mengikuti perubahan ini. Mereka terancam terlindas oleh perubahan zaman, sehingga nantinya akan menjadi penonton di lapangan sendiri dan menjadi tamu di rumah sendiri. Oleh sebab itu, makalah ini disusun untuk memberikan pengetahuan dasar tentang bagaimana memanfaatkan media komunikasi email dan media sosial.

1.3.    Tujuan Akhir
Setelah mempelajari pembahasan ini, pembaca diharapkan untuk dapat :
1.      Memahami konsep dasar pengoperasian komputer
2.      Memanfaatkan internet untuk komunikasi
3.      Mengetahui Email dan media sosial lainnya
4.      Mengetahui tentang kode etik penulisan e-mail
5.      Mengetahui cara membuat, membalas pesan pada e-mail
6.      Mengetahui bagaimana melampirkan file
7.      Mengetahui bagaimana bergabung dengan milis

BAB II
PEMBAHASAN


2.1.       Pengertian E-mail
E-mail (Electronic Mail) merupakan suatu proses dan cara pengiriman pesan atau gambar melalui internet yang kita lakukan bila kita berkomunikasi menggunakan e-mail adalah mengetikkan pesan yang akan kita kirim pada program komputer yang dikhususkan untuk keperluan ini misalnya Outlook Express, Yahoo Mail atau yang lainnya.

2.1.1. Cara Kerja e-mail
Pada dasarnya e-mail sama dengan surat biasa (snail mail) yang harus melewati beberapa kantor pos sebelum sampai ke tujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang melalui komputer yang tersambung ke internet sebuah e-mail masuk ke beberapa komputer lain di sepanjang jaringan internet yang disebut dengan mail server. Ketika e-mail tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan (seperti yang ditunjuk pada alamat e-mail-kepada siapa kita menulis e-mail), maka e-mail tersebut disimpan pada sebuah e-mailbox. Si pemilik alamat e-mail baru bisa mendapatkan e-mail itu kalau yang bersangkutan mengecek e-mailbox-nya.

2.1.2.  Anatomi Alamat e-mail
Bilamana kita membaca alamat sebuah snail-mail, kita bisa membayangkan seberapa jauh lokasi si pengirim surat dari kita. Sedangkan untuk alamat e-mail terdiri dari dua bagian yaitu dipisahkan dengan tanda axon / @ misalnya alamat : mailku26@yahoo.com. Di sebelah kiri @ disebut username (mailku26), yang menunjuk pada identitas si pemilik alamat e-mail. User name bisa merupakan nama si pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga. Username juga menjadi nama bagi e-mailbox yang dimiliki seseorang di sebuah mail server. Di sebelah kanan @ (yahoo.com) disebut domain name, yang menunjukkan identitas mail server di mana seorang user memiliki e-mailbox.

2.1.3.  Variasi Bentuk Komunikasi Dengan e-mail
Dalam beberapa hal e-mail memang meniru snail mail, meskipun jelas e-mail memiliki banyak kelebihan lain. Ini terlihat jelas pada kemungkinan bentuk komunikasi yang bisa dilakukan dengan e-mail.

· Point to Point
Maksudnya adalah mengirimkan e-mail langsung ke sebuah alamat tertentu. Di Indonesia terdapat kesepakatan di antara mereka yang sering berkirim e-mail bahwa cara ini dinamakan japri, singkatan dari jalur pribadi.
· Carbon Copy / CC
Pengertian carbon, di sini analog dengan bila kita mengetik surat (dengan mesin tik konvensional) menggunakan kertas karbon untuk mendapatkan salinannya. Maksudnya adalah sebuah e-mail, selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan tembusannya ke alamat lain. Biasanya alamat utama kita tuliskan pada bagian yang diawali dengan “TO”, sedangkan alamat tembusannya kita tuliskan pada bagian “CC”.
· Blind Carbon Copy / BCC
Ini adalah variasi dari CC. Orang yang menerima e-mail yang alamatnya dituliskan pada bagian “TO” oleh si pengirim, bisa melihat kepada siapa atau kepada alamat e-mail mana saja e-mail tersebut dikirimkan sebagai tembusan. Ini karena ia bisa langsung melihat pada bagian “CC”. Kadang-kadang ada kebutuhan untuk mengirimkan sebuah e-mail kepada seseorang tapi kita tidak ingin orang tersebut tahu bahwa kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain. Untuk itulah digunakan BCC. Beberapa e-mail client menyediakan bagian “BCC”, selain “TO” dan “CC”. Pada Outlook Express versi 5. 01 bagian BCC baru bisa tampak bila kita masuk ke sebuah e-mail baru dan mengklik pilihan View dan All Headers.
· Distribution List
Distribution list adalah sebuah cara komunikasi dengan menggunakan e-mail secara satu arah. Biasanya ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan informasi tertentu (pengumuman, berita harian, update mengenai perkembangan suatu proyek, buletin, jurnal, dan sebagainya), akan tetapi tidak mengharapkan adanya respon dari para penerima e-mailnya. Untuk itu yang harus dilakukan adalah membuat sebuah alamat tertentu khusus untuk keperluan ini. Bila pengelola distribution list mengirimkan sebuah e-mail ke alamat tersebut, maka alamat itu akan mem-forward e-mail tadi ke semua alamat e-mail yang menjadi pelanggan (subscriber) dari distribution list.
Untuk menjadi pelanggan, biasanya para calon pelanggan diminta untuk mengikuti prosedur tertentu yang ditetapkan oleh si pengelola. Bisa pula si pengelola yang memasukkan alamat e-mail mereka ke database pelanggan secara manual.


· Discussion List
Discussion list seringkali juga disebut mailing list atau lebih populer dengan milis. Pengertiannya hampir sama dengan distribution list hanya memungkinkan siapa saja yang tergabung menjadi subscriber untuk mengirimkan respon terhadap sebuah e-mail. Akan tetapi belum tentu semua orang bisa begitu saja mengikuti sebuah milis. Kadang-kadang ada milis untuk kalangan yang terbatas, sementara banyak yang terbuka untuk siapa saja.
Untuk dapat bergabung ke dalam sebuah milis pertama-tama seseorang mesti melakukan proses subscription (mendaftar) dengan suatu prosedur tertentu. Seringkali proses ini tidak memerlukan intervensi seorang administrator yang mengelola milis, baik untuk menyetujui atau menolak permohonan menjadi anggota milis. Milis yang seperti itu tentu adalah sebuah milis yang terbuka bagi siapa saja untuk bergabung.

2.1.4.  Etika Penulisan E-mail
Netiket atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi melalui e-mail. Seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau bertatap muka, berkomunikasi dengan e-mail butuh tatacara sendiri. Bisa dibayangkan. Hampir setiap hari ada jutaan e-mail dikirimkan dan diterima oleh begitu banyak orang. Maka salah salah kata, bisa berarti fatal. Tapi memang sangat menyebalkan, jika kita menerima pesan e-mail yang pengirimnya menggunakan huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya pesan-pesan yang kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan ucapan, "saya kira begitu", atau "betul" Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, ada baiknya kita mengetahui beberapa di antaranya :
1.    Jangan terlalu banyak mengutip.
Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas 'Reply' dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis ke dalam isi surat Anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian bagian yang relevan saja. Pesan yang terlalu panjang memakan file yang besar, yang membuat loading menjadi lambat, yang berarti akan menambah beban pulsa tidak hanya pada pihak penerima, juga pada pihak si pengirim.
2.    Perlakukan e-mail secara pribadi.
Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda secara pribadi, Anda tidak sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau mailing-list. e-mail pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
3.    Jangan gunakan huruf kapital.
Seperti halnya membaca suratkabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang menggunakan huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan e-mail/chat, penggunaan huruf besar biasanya dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tek anan pada maksud Anda.
4.    Jangan Membicarakan Orang Lain
Jangan membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan kejelakannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang Anda tulis. E-mail memiliki fasilitas bernama 'Forward', yang mengizinkan si penerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain.
5.    Jangan gunakan CC.
Jika Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list), jangan cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang yang menerima e-mail Anda, akan bisa melihat alamat alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
6.    Jangan gunakan format HTML
Jika Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML tanpa Anda yakin bahwa program e-mail penerima bisa memahami kode HTML. Jika tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan plain text.
7.    Jawablah Secara Masuk Akal
Jawablah setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan Anda menjawab dalam satu kata :  "Good" Wah, ini sangat menyebalkan.

2.2.       E-Mail Client
Aplikasi e-mail client :  Outlook Expres, Eudora, dsb.
2.2.1. Pengenalan Outlook
Ms. Outlook adalah sebuah aplikasi pengelolaan klien e-mail dan workgroup yang dikeluarkan oleh Microsoft, salah satu perusahaan software terbesar pimpinan Bill Gates. Aplikasi. Biasanya MS Outlook menjadi paket dalam MS Office, sehingga untuk menginstallnya dapat dilakukan bersama-sama dengan MS Office. Selain untuk pengelolaan e-mail, Outlook juga mempunyai beberapa fasilitas lain seperti pengelolaan kalender kerja, meeting, jadwal tugas dll. Sebelum menggunakan Outlook ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal menu-menu utama dari Outlook itu sendiri. Bagian-bagian dari Outlook sbb :
·      Folder List
Folder List menampilkan semua folder yang ada, seperti Inbox, Personal Folders, dan Public Folders.
·      Toolbar
Toolbar berisi shortcuts dari perintah yang umum digunakan, seperti "New Mail Message", "Print", dan"Print Preview ".
Note : Toolbar dapat diubah sesuai dengan keperluan/keinginan kita.
·      Status Bar
Status Bar menunjukkan banyaknya pesan yang ada pada folder yang ditunjuk, dan berapa banyak pesanyang belum dibaca jika ada.
·      Outlook Bar
Sama seperti Folder List, Outlook Bar berisi shortcuts untuk fasilitas yang ada pada Microsoft Outlook, seperti Calendar, Contacts, and Tasks.

2.2.2. Outlook Untuk Pengelolaan E-mail
·      Membaca e-mail
Untuk membaca e-mail pastikan Outlook berada pada folder “Inbox”, cukup dobel klik pada pesan yang ingin dibaca. Pesan akan terbuka pada jendela baru. Untuk mengetahui adanya pesan baru, pada windows toolbar (sudut kiri monitor) akan diberi tanda amplop yang diiringi de ngan suara “ding” sebagai bunyi default untuk e-mail yang tiba pada Outlook.
·      Membaca File Attachment
Attachment adalah perintah mengirim file (baik itu berupa video, gambar, music, dokumen) melalui email.
Jika Anda menerima pesan berisi file lampiran (attachment), di folder Inbox pada Outlook akan di beri tanda paperclip disebelahnya. Untuk membuka file attachment lakukan langkah berikut :
1.    Buka pesan/ mail message.
2.    Akan ada icon dengan nama file di body text.
3.    Dobel klik icon file. File attachment akan terbuka sesuai dengan program aplikasinya. Anda bisa menyimpannya atau menutup saja filenya.
·      Menyimpan file attachment.
1.    Sorot file attachment
2.    Klik menu File –kemudian Save attachment.
3.    Pilih folder tempat menyimpan file yang diinginkan.
·      Membuat Sub Folder pada Inbox.
Apabila kita ingin mengelompokkan e-mail dan menempatkannya pada folder tertentu hal ini dapat dilakukan dengan membuat folder baru di dalam folder Inbox. Lakukan langkah berikut :
1.    Pada folder Inbox klik File
2.    Pilih New – pilih Folder
3.    Ketik nama folder pada kolom yang tersedia.
·      Menggunakan “ Message Rule”
Message Rule berguna untuk mengatur e-mail agar dapat diterima sesuai dengan aturan yang diinginkan. Juga berguna untuk mengelompokkan e-mail pada folder tertentu maupun untuk memblok e-mail yang tidak kita inginkan (iklan, spam, pornografi, dsb).
Untuk mensetting Message Rule lakukan langkah berikut :
1.        Pada folder Inbox klik menu Tools
2.        Klik “Rules Wizard” (Akan muncul menu untuk “ rules wizard”)
3.        Klik tombol New
4.        Pilih aturan sesuai keinginan (contoh “ check message when they arrive”), akan memeriksa e-mail begitu tiba.
5.        Klik Next
6.        Pilih lagi sesuai aturan yang diinginkan (contoh “ with specific word in the sender’s address”), akan memeriksa kata-kata khusus pada alamat pengirim.
7.        Klik kalimat “ specific word” yang digaris bawah.
8.        Isi sesuai dengan kata yang kita inginkan. (Mis :  Didin)
9.        Klik Next kemudian pilih “ move it to the specified folder” (akan memindahkan e-mail ke folder tertentu)
10.    Klik specified, akan muncul window folder daripada Outlook
11.    Pilih folder yang anda inginkan pada “Inbox” (sub folder).
12.    Klik Next – kemudian beri nama/judul untuk message rule tadi
13.    Klik Finish
Ada kalanya kita tidak ingin menerima e-mail tertentu yang mengganggu. Untuk memblokir suatu e-mail yang tidak kita inginkan (iklan, spam, pornographi, dsb) lakukan langkah berikut :
1.        Pada folder Inbox klik Tools
2.        Klik “Rules Wizard” (Akan muncul menu untuk “ rules wizard”)
3.        Klik tombol New
4.        Pilih aturan sesuai keinginan (contoh “ check message when they arrive”), akan memeriksa e-mail begitu tiba.
5.        Klik Next
6.        Pilih with “specific word in the body” (akan mencek kata-kata yang ada pada isi pesan)
7.        Kemudian ketik/tambahkan kata-kata apa saja yang ingin Anda sensor/blok.
8.        Klik Next kemudian pilih/cek “Delete it” (akan langsung menghapus pesan bila tiba)
9.        Klik Next – kemudian beri nama/judul untuk message rule tadi.
10.    Klik Finish
·      Membuat/mengirim e-mail
Untuk membuat pesan (message) baru pada Outlook ikuti langkah berikut :
1.        Pada folder Inbox, klik menu File
2.        Sorot New
3.        Klik menu Mail Message
Ada 3 jenis tujuan pengiriman yaitu : To, Cc dan Bcc. Deskripsinya sbb :
• To :  tujuan standar pengalamatan pesan.
• Cc :  singkatan dari Carbon Copy. Jika Anda ingin mengirim pesan kepada seseorang, tetapi ingin juga memberikan copy pesan pada orang lain, cantumkan alamat e-mailnya pada kolom Cc selain pada kolom To.
• Bcc :  singkatan dari Blind Carbon Copy. Jika Anda ingin mengirim pesan ada 2 orang, pada koIom To dan pada kolom Bcc, keduanya akan menerima e-mail tetapipenerima yang ada dikolom To tidak akan mengetahui (blind) bahwa e-mail juga dikirim ke pihak ke 2(Bcc).
Setelah menentukan bagaimana dan kemana pesan akan dikirim, ikuti langkah berikut :
1.    Klik tombol pengalamatan (addressing) (To, Cc, or Bcc).
2.    Pada kolom " Show Names From The : ", pastikan address list yg benar telah dipilih, klik tanda panah down untuk memilih.
3.    Dobel klik (tekan To->, Cc->, Bcc->) nama orang yang ingin dikirim. Anda dapat memilih lebih dari satu nama dengan dobel klik pada nama tsb.
4.    Klik tombol OK. Anda akan kembali ke menu pesan/New Mail Message dengan alamat e-mail yang telah dipilih tadi.
5.    Masukkan text pada halaman isian pesan
6.    Setelah selesai mengetik pesan klik tombol Send, dan pesan akan segera dikirim.
·      Pemakaian Group
Anda dapat mengirim e-mail ke Group tertentu, yang terdiri dari gabungan beberapa alamat e-mail. Hal ini berguna untuk memudahkan pengiriman e-mail ke banyak alamat sekaligus dalam satu Group daripada menuliskan alamat e-mail satu-persatu. Untuk membuat Group akan dibahas pada bab selanjutnya.
Untuk mengirim ke Group lakukan langkah berikut :
1.    Klik “To” pada pengiriman e-mail. Akan muncul menu Address Book.
2.    Pada kolom “Show Names from the : ” pilih All Groups (atau ditempat mana anda membuat groups).
3.    Klik Ok dan Send
·      Mengirim Attachments (file lampiran)
Jika Anda ingin menyertakan sebuah file atau lebih pada pesan Anda, seperti dokumen atau spreadsheet, lakukan langkah berikut :
1.    Seperti biasa, buat pesan baru beserta elamat e-mailnya.
2.    Setelah selesai mengetik pesan tekan tombol Insert pada toolbar.
3.    Klik File.
4.    Cari file yang ingin anda sertakan.
5.    Dobel klik pada file yang akan disertakan
Setelah itu file akan dimasukkan ke dalam pesan dan siap disertakan. Cara singkat lain adalah dengan drag and drop file dari desktop atau Windows Explorer ke body pesan.
·      Membalas (Reply) Pesan
Ketika menerima dan telah membaca sebuah pesan (e-mail) kemungkinan Anda ingin langsung membalas pesan ke orang yang mengirimnya. Untuk melakukan hal tersebut lakukan langkah berikut :
Ø Standard Reply
1. Pada folder Inbox doble klik e-mail yang ingin Anda balas.
2. Klik tombol Reply.
3. Alamat pengirim akan otomatis tercantum pada bagian To :
4. Ketik pesan anda pada body pesan.
5. Klik Send.
Ø Reply To All
Fungsi reply to all akan membalas pesan kepada semua penerima pesan yang dituju oleh pengirim pertama. Untuk melakukan ini :
1. Klik tombol reply to all.
2. Semua penerima akan tercantum di bagian To : dan semua alamat bagian Cc akan tercantum pada bagian Cc : juga
3. Ketik pesan anda pada body pesan.
4. Klik tombol send.
·      Out Of Office Assistant
Ms Outlook menyediakan fasilitas autoreply, dimana Outlook akan otomatis membalas e-mail yang datang. Jika Anda berada diluar kantor atau sedang tidak ditempat, Anda bisa otomatis mengirim reply pesan keorang yang mengirim anda pesan, sehingga orang itu tahu bahwasannya Anda belum membaca pesan yang telah dia kirim. Hal ini kita lakukan dengan memanfaatkan fasilitas Outlook yang disebut “ Out Of Office Assistant “. Untuk melakukannya lakukan langkah berikut :
1.    Klick Tools pada toolbar.
2.    Klik Out Of Office Assistant.
3.    Jendela Out Of Office Assistant akan muncul. Klik radio button disebelah "I am currentlyout of the office" dan ketik pesan yang ing in Anda sampaikan pada kotak yang tersedia lalu tekan “OK”.
·      Forward (Meneruskan) Pesan
Ketika Anda sudah membaca pesan, dan ingin juga menyampaikan/meneruskan pesan tersebut ke orang lain, lakukan langkah berikut :
1.        Buka e-mail/pesan yang ingin Anda teruskan ke orang lain.
2.        Klik tombol Forward. Masukkan alamat e-mail penerima. Anda dapat
3.        menambahkan komentar di body text pesan jikadiinginkan.
4.        Setelah selesai, klik Send.

·      Pemakaian Signature
Kita juga dapat menyertakan “signature” atau tanda tangan elektronik, biasanya ditempatkan pada bagian bawah e-mail kita. Signature terlebih dahulu dibuat formatnya sehingga sewaktu mengirim e-mail tidak perlu dilakukan berulang ulang tetapi secara otomatis akan tertera pada bagian bawah e-mail kita. Untuk melakukannya ikuti langkah berikut :
1.        Pada Outlook klik menu Tools
2.        Pilih Options
3.        Pilih Mail Format (ada di atas)
4.        Kemudian klik tombol “Signature Picker” akan muncul window untuk mengedit “signature”
5.        Pilih New –masukkan nama untuk “signature” Anda.
6.        Klik Next –Ketik sesuai yang Anda inginkan, demikian juga anda bisa memilih warna dan bentuk dari font, lalu Klik “Finish”
Signature biasanya berisi jabatan dan alamat pengirim e-mail, sehimgga penerima dapat mengenal identitas pengirim.

2.2.3. Pengelolaan Personal Address Book/Alamat E-Mail
Outlook menyediakan fasilitas Address Book untuk mengelola semua alamat e-mail yang ada, mengelompokkannnya secara personal maupun dalam beberapa Group.
Personal Address Book berisi alamat e-mail beserta informasi atau data-data dari orang yang ingin Anda simpan. Untuk membuka Personal Addres Book lakukan langkah-langkah berikut :
1.        Klik menu " Tools" pada toolbar.
2.        Klik " Address Book ".
3.        Secara otomatis (default) akan menampilkan “ Global Address List” yang berisi alamat e-mail yang telah terdaftar.
Ø  Menambah alamat e-mail ke Outlook Address Book :
Klik tanda panah dibawah " Show Names from the  : " pilih Outlook Address Book
1.        Klik File.
2.        Klik New Entry.
3.        Pilih New Contact from the list and klik "OK".
4.        Pada isian Full Name, ketik nama lengkap.
5.        Pada isian e-mail : ketik alamat lengkap e-mail orang tersebut. Contoh :  (k.salsa@yahoo.com). Setelah itu klik tombol “Save and Close”. Anda juga dapat menambah informasi lain tentang user tersebut, seperti alamat, no telp, perusahaan, dan lain-lain.

2.3.       WEB E-MAIL
Aplikasi e-mail berbasis web. Internet Explorer, Netscape, Opera antara lain : plasa, yahoo, graffiti, hotmail dan sebagainya.

2.3.1. Langkah-Langkah Membuat Alamat Email
·      Nyalakan Komputer
·      Aktifkan Internet browser dari Start | Internet Explorer
·      Masuk di halaman situs Internet misalnya http : //mail. yahoo. com
·      Maka akan keluar tampilan sebagai berikut :
·      Klik akan muncul seperti dibawah ini
Ada 3 pilihan, yaitu :
Free Yahoo! Mail : Gratisan
Yahoo! Mail Plus : Membayar
Order Personal Address : Membayar
·      Pilih Free Yahoo! Mail
·      Isilah form berikut ini
·      Nama Yahoo ID : Isikan dengan “nama keren” saudara, misalkan : r4fi3 Secara otomatis default alamatnya di yahoo. com (@yahoo. com).
·      Password : Isi password nya dengan karakter, angka atau gabungan dari keduanya. Password tidak boleh lupa, karena kalau seandainya lupa, maka kita tidak bisa membuka e-mail yang kita buat. Tulislah passwordsebanyak dua kali pada kolom yang berbeda.
·      Security Question : Digunakan jika kita kita lupa terhadap password kita, maka kita bisa mengikuti petunjuk dengan security tersebut. Pada contoh di atas saya contohkan What is your pet’s name? Kita jawab misalnya : erafi
·      Mengisi tanggal kelahiran dengan format : Bulan, Tanggal dan Tahun kelahiran. Isi sesuai dengan kondisi saudara.
·      Alternate e-mail (optional) : Tidak wajib diisi atau boleh diisi jika sudah punya alamat E-mail.
·      Mengisi First name : Nama depan, dan juga Last name : nama belakang. Kalau seorang hanya mempunyai nama satu kata saja (aliran satu kata), maka bisa ditulis dobel / sama.
·      Residence : Bahasa yang digunakan.
·      ZIP / Postal Code : Isikan kode pos.
·      Gender : Isikan jenis kelamin, ada pilihan Male and Female.
·      Industry : Pilihlah industri yang sesuai dengan saudara.
·      Title :  Isi dengan nama jabatan saudara pada industri atau lembaga tempat bekerja.
·      Specialization :  Isilah sesuai dengan spesialisasi saudara bekerja.
·      Interests :  Saudara tertarik dalam bidang apa? Pilih optionyang ada dengan cara memberi tanda (Ö), pada pilihan yang tersedia.
·      Mengetikkan kata yang sama seperti tertulis di dalam kotak-kotak dibawahnya.
·      Klik OK
·      Jika form yang Anda submit sukses maka yahoo akan memberikan ucapan selamat bahwa registrasinya sukses

2.3.2. Mengecek E-Mail
Untuk mengecek E-mail ikuti langkah-langkah sebagai beriku :
1.    Masuk di halaman situs Internet misalkan http : //mail. yahoo. com
2.    Ketik Yahoo ID dan juga Passwordnya.
3.    Klik Submit
4.    Klik subject e-mail yang akan di baca misalnya “belajar tik”
5.    Dengan demikian akan muncul identitas pengirim dan isi e-mailnya

2.3.3. Mengirim E-Mail
Untuk mengirim E-mail ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1.    Masuk di halaman situs Internet misalkan http : //mail. yahoo. com
2.    Ketik Yahoo ID dan juga Passwordnya.
3.    Tetapi jika sudah login di e-mail account anda, cukup tekan Compose
4.    Berikutnya isilah form yang telah disiapkan :
·      To : alamat e-mail yan g dituju (tuliskan secara lengkap)
·      Cc : tembusan(jika dibutuhkan)
·      BCc : tembusan khusus(jika dibutuhkan)
·      Subject : tema surat (gambaran utama isi surat)
·      Tulislah isi surat anda
·      Jika Anda ingin melampirkan file pada e-mail anda, klik Attachment
·      Carilah file yang akan di lampirkan l
·      Komputer akan mencari dan menscan file yang akan dilampirkan
·      Jika file sudah ditemukan dan komputer tidak mendeteksi virus, proses bisa dilanjutkan dengan menekan ok
·      Setelah selesai dan Anda yakin sudah benar tekan send untuk mengirim e-mail tersebut
·      Jika alamat e-mail yang dituju semua benar, maka akan tampil informasi bahwa e-mail tersebut akan terkirim

2.3.4. Membaca Dan Membalas E-Mail
Setelah inbox e-mail anda terbuka pilih dan klik e-mail yang akan dibaca dengan memilih salah satu subject yang ada, misalnya membuka surat balasan dari : Wismanu, subject : Re : Belajar Membuat dan Kirim. Amati dan baca e-mail tersebut, jika Anda mau mebalas e-mail tersebut tekan tombol tanpa harus mengisi kembali alamat e-mail yang dituju.
Tulis isi surat Anda dan jika yakin benar tekan tombol send

2.3.5. Bergabung Dengan Mailing List
Mailing list adalah salah satu wadah untuk menjalin komunikasi dalam sebuah komunitas, yang keanggotaannya ada yang bersifat terbuka ada pula yang tertutup. Contoh Mailing List Dikmenjur : Mailing List untuk komunitas Pendidikan Menengah Kejuruan, Pusat Pengembangan dan Penataran Guru / P3G, Bidang-Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan / Dikmenjur RI).
Informasi terbaru dari Direktorat Pendidikan, khususnya tentang Pengembangan TI, Pelatihan, Beasiswa, Proposal bantuan, Beasiswa akan banyak disampaikan melalui Mailing List ini.
Cara bergabung dengan sebuah mailing list yaitu :
1.    Subscribe /mendaftar pada salah satu group atau lebih, misalnya :
dikmenjur-subscribe@yahoogroups. com
2.    Ikuti petunjuk dari administrator dari group yang bersangkutan.
3.    Perkenalkan diri Anda
2.4.       MEDIA SOSIAL

2.4.1. Pengertian Media Sosial
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia

2.4.2. Contoh Media Sosial dan Kegunaannya
·       Konten Kolaborasi (contohnya, Wikipedia)
·       Blog dan Microblog (contohnya, Blogspot, Blogger)
·       Situs jejaring social berita (contohnya, Digg)
·       Konten Video (contohna, Youtube)
·       Situs Jejaring Sosial plus foto (Instagram)
·       Situs Jejaring Sosial (contohnya, Facebook, Twitter)
·       Jejaring sosial guru dan murid (contohnya, Edmodo)
·       Game Dunia Maya (contohnya, World of Warcraft, Point Blank)
·       Situs Dunia sosial virtual (contohnya, Second life)

DAFTAR PUSTAKA


http : //www. webfoot. com/advice/translations/indonesian/ e-mail. status. html
http : //www. learnthenet. com/english/section/ e-mail. html
http : //www. yahoo. com
Piotun Y Simanjuntak, http : //www. ilmukomputer. com/umum/piotun-out look. php

0 komentar:

Posting Komentar

Krida Salsabila
Lihat profil lengkapku