BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Pemanfaatan
komputer sebagai sebuah sarana pengembangan pendidikan saat ini sudah menjadi
suatu kebutuhan utama. Hal ini didasarkan kepada beberapa faktor utama, yaitu
Perkembangan Teknologi yang semakin pesat.
Salah
satu ciri kemajuan teknologi di era globalisasi pasti tidak terlepas dari
adanya komunikasi. Dengan menggunakan internet, kita dapat berkomunikasi dengan
orang-orang di seluruh dunia. Ada banyak cara kita dapat berkomunikasi dengan
orang lain, salah satu caranya yaitu dengan memanfaatkan E-mail (seperti
Yahoo.mail, Google mail dsb) dan Media Sosial (spt Facebook, Edmodo, Twitter,
dan BBM).
1.2.
Manfaat
Dengan pemanfaatan media yang optimal,
maka akan tercapai efisiensi dan efektifitas kerja, meningkatkan ketelitian
dalam suatu bidang pekerjaan, serta memperluas jenis pekerjaan yang dapat
dilakukan tiap satuan waktu. Namun, ada masyarakat tertentu yang belum mampu
mengikuti perubahan ini. Mereka terancam terlindas oleh perubahan zaman,
sehingga nantinya akan menjadi penonton di lapangan sendiri dan menjadi tamu di
rumah sendiri. Oleh sebab itu, makalah ini disusun untuk memberikan pengetahuan
dasar tentang bagaimana memanfaatkan media komunikasi email dan media sosial.
1.3.
Tujuan Akhir
Setelah
mempelajari pembahasan ini, pembaca diharapkan untuk dapat :
1. Memahami konsep dasar pengoperasian
komputer
2. Memanfaatkan internet untuk komunikasi
3. Mengetahui Email dan media sosial
lainnya
4. Mengetahui tentang kode etik penulisan
e-mail
5. Mengetahui cara membuat, membalas pesan
pada e-mail
6. Mengetahui bagaimana melampirkan file
7. Mengetahui bagaimana bergabung dengan
milis
BAB II
PEMBAHASAN
2.1.
Pengertian E-mail
E-mail (Electronic Mail) merupakan suatu
proses dan cara pengiriman pesan atau gambar melalui internet yang kita lakukan
bila kita berkomunikasi menggunakan e-mail adalah mengetikkan pesan yang akan
kita kirim pada program komputer yang dikhususkan untuk keperluan ini misalnya Outlook
Express, Yahoo Mail atau yang lainnya.
2.1.1.
Cara Kerja e-mail
Pada
dasarnya e-mail sama dengan surat biasa (snail mail) yang harus melewati beberapa
kantor pos sebelum sampai ke tujuannya, begitu dikirimkan oleh seseorang
melalui komputer yang tersambung ke internet sebuah e-mail masuk ke beberapa
komputer lain di sepanjang jaringan internet yang disebut dengan mail server. Ketika
e-mail tersebut sampai ke server yang menjadi tujuan (seperti yang ditunjuk
pada alamat e-mail-kepada siapa kita menulis e-mail), maka e-mail tersebut disimpan
pada sebuah e-mailbox. Si pemilik alamat e-mail baru bisa mendapatkan e-mail itu
kalau yang bersangkutan mengecek e-mailbox-nya.
2.1.2.
Anatomi Alamat e-mail
Bilamana
kita membaca alamat sebuah snail-mail, kita bisa membayangkan seberapa jauh
lokasi si pengirim surat dari kita. Sedangkan untuk alamat e-mail terdiri dari
dua bagian yaitu dipisahkan dengan tanda axon / @ misalnya alamat : mailku26@yahoo.com.
Di sebelah kiri @ disebut username (mailku26), yang menunjuk pada identitas si
pemilik alamat e-mail. User name bisa merupakan nama si pemilik, singkatan nama,
nickname, nomor, atau apapun juga. Username juga menjadi nama bagi e-mailbox
yang dimiliki seseorang di sebuah mail server. Di sebelah kanan @ (yahoo.com)
disebut domain name, yang menunjukkan identitas mail server di mana seorang user
memiliki e-mailbox.
2.1.3.
Variasi Bentuk Komunikasi Dengan e-mail
Dalam
beberapa hal e-mail memang meniru snail mail, meskipun jelas e-mail memiliki banyak
kelebihan lain. Ini terlihat jelas pada kemungkinan bentuk komunikasi yang bisa
dilakukan dengan e-mail.
· Point to Point
Maksudnya
adalah mengirimkan e-mail langsung ke sebuah alamat tertentu. Di Indonesia
terdapat kesepakatan di antara mereka yang sering berkirim e-mail bahwa cara
ini dinamakan japri, singkatan dari jalur pribadi.
·
Carbon Copy / CC
Pengertian
carbon, di sini analog dengan bila kita mengetik surat (dengan mesin tik
konvensional) menggunakan kertas karbon untuk mendapatkan salinannya. Maksudnya
adalah sebuah e-mail, selain ditujukan ke sebuah alamat utama juga dikirimkan
tembusannya ke alamat lain. Biasanya alamat utama kita tuliskan pada bagian
yang diawali dengan “TO”, sedangkan alamat tembusannya kita tuliskan pada
bagian “CC”.
· Blind Carbon Copy / BCC
Ini
adalah variasi dari CC. Orang yang menerima e-mail yang alamatnya dituliskan
pada bagian “TO” oleh si pengirim, bisa melihat kepada siapa atau kepada alamat
e-mail mana saja e-mail tersebut dikirimkan sebagai tembusan. Ini karena ia
bisa langsung melihat pada bagian “CC”. Kadang-kadang ada kebutuhan untuk mengirimkan
sebuah e-mail kepada seseorang tapi kita tidak ingin orang tersebut tahu bahwa
kita juga mengirimkan tembusannya kepada alamat orang lain. Untuk itulah
digunakan BCC. Beberapa e-mail client menyediakan bagian “BCC”, selain “TO” dan
“CC”. Pada Outlook Express versi 5. 01 bagian BCC baru bisa tampak bila kita
masuk ke sebuah e-mail baru dan mengklik pilihan View dan All Headers.
·
Distribution List
Distribution
list adalah sebuah cara komunikasi dengan menggunakan e-mail secara satu arah. Biasanya
ini dibuat oleh orang yang berkepentingan untuk menyebarluaskan informasi
tertentu (pengumuman, berita harian, update mengenai perkembangan suatu proyek,
buletin, jurnal, dan sebagainya), akan tetapi tidak mengharapkan adanya respon
dari para penerima e-mailnya. Untuk itu yang harus dilakukan adalah membuat
sebuah alamat tertentu khusus untuk keperluan ini. Bila pengelola distribution
list mengirimkan sebuah e-mail ke alamat tersebut, maka alamat itu akan mem-forward
e-mail tadi ke semua alamat e-mail yang menjadi pelanggan (subscriber) dari
distribution list.
Untuk
menjadi pelanggan, biasanya para calon pelanggan diminta untuk mengikuti
prosedur tertentu yang ditetapkan oleh si pengelola. Bisa pula si pengelola
yang memasukkan alamat e-mail mereka ke database pelanggan secara manual.
· Discussion List
Discussion
list seringkali juga disebut mailing list atau lebih populer dengan milis. Pengertiannya
hampir sama dengan distribution list hanya memungkinkan siapa saja yang
tergabung menjadi subscriber untuk mengirimkan respon terhadap sebuah e-mail. Akan
tetapi belum tentu semua orang bisa begitu saja mengikuti sebuah milis. Kadang-kadang
ada milis untuk kalangan yang terbatas, sementara banyak yang terbuka untuk
siapa saja.
Untuk
dapat bergabung ke dalam sebuah milis pertama-tama seseorang mesti melakukan
proses subscription (mendaftar) dengan suatu prosedur tertentu. Seringkali
proses ini tidak memerlukan intervensi seorang administrator yang mengelola
milis, baik untuk menyetujui atau menolak permohonan menjadi anggota milis. Milis
yang seperti itu tentu adalah sebuah milis yang terbuka bagi siapa saja untuk
bergabung.
2.1.4.
Etika Penulisan E-mail
Netiket
atau Nettiquette, adalah etika dalam berkomunikasi melalui e-mail. Seperti
halnya berkomunikasi melalui surat atau bertatap muka, berkomunikasi dengan e-mail
butuh tatacara sendiri. Bisa dibayangkan. Hampir setiap hari ada jutaan e-mail
dikirimkan dan diterima oleh begitu banyak orang. Maka salah salah kata, bisa
berarti fatal. Tapi memang sangat menyebalkan, jika kita menerima pesan e-mail
yang pengirimnya menggunakan huruf kapital, mengirim kembali seutuhnya pesan-pesan
yang kita kirimkan, atau menjawab pertanyaan panjang kita, dengan ucapan, "saya
kira begitu", atau "betul" Nah, untuk mencegah hal itu terjadi, ada
baiknya kita mengetahui beberapa di antaranya :
1. Jangan terlalu banyak mengutip.
Hati-hati
dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas 'Reply' dari sebagian besar program
mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang Anda terima secara otomatis ke
dalam isi surat Anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail,
usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian
bagian yang relevan saja. Pesan yang terlalu panjang memakan file yang besar, yang
membuat loading menjadi lambat, yang berarti akan menambah beban pulsa tidak
hanya pada pihak penerima, juga pada pihak si pengirim.
2. Perlakukan e-mail secara pribadi.
Jika
seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda secara pribadi, Anda
tidak sepatutnya mengirimnya ke forum umum, seperti kelompok grup, atau
mailing-list. e-mail pada dasarnya adalah alat komunikasi personal.
3. Jangan gunakan huruf kapital.
Seperti
halnya membaca suratkabar, atau surat, membaca pesan e-mail yang menggunakan
huruf besar/kapital yang berlebihan tidak enak dilihat. Tapi di samping itu, terutama
dalam tata krama berkomunikasi dengan e-mail/chat, penggunaan huruf besar
biasanya dianggap berteriak. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tek
anan pada maksud Anda.
4. Jangan Membicarakan Orang Lain
Jangan
membicarakan orang atau pihak lain, apalagi kejelekan kejelakannya. Berhati-hatilah
terhadap apa yang Anda tulis. E-mail memiliki fasilitas bernama 'Forward', yang
mengizinkan si penerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain.
5. Jangan gunakan CC.
Jika
Anda ingin mengirim mail ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list), jangan
cantumkan nama-nama pada kolom CC. Jika Anda melakukan hal itu, semua orang
yang menerima e-mail Anda, akan bisa melihat alamat alamat e-mail orang lain. Umumnya
orang tidak suka bila alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan
BCC (blind carbon copy). Dengan cara ini setiap orang hanya bisa melihat alamat
e-mailnya sendiri.
6. Jangan gunakan format HTML
Jika
Anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan Anda, jangan gunakan format HTML
tanpa Anda yakin bahwa program e-mail penerima bisa memahami kode HTML. Jika
tidak, pesan Anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya, gunakan
plain text.
7. Jawablah Secara Masuk Akal
Jawablah
setiap pesan e-mail secara masuk akal. Jangan menjawab dua tiga pertanyaan
dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan e-mail yang panjang lebar, dan Anda
menjawab dalam satu kata : "Good"
Wah, ini sangat menyebalkan.
2.2.
E-Mail Client
Aplikasi
e-mail client : Outlook Expres, Eudora, dsb.
2.2.1.
Pengenalan Outlook
Ms.
Outlook adalah sebuah aplikasi pengelolaan klien e-mail dan workgroup yang
dikeluarkan oleh Microsoft, salah satu perusahaan software terbesar pimpinan
Bill Gates. Aplikasi. Biasanya MS Outlook menjadi paket dalam MS Office, sehingga
untuk menginstallnya dapat dilakukan bersama-sama dengan MS Office. Selain
untuk pengelolaan e-mail, Outlook juga mempunyai beberapa fasilitas lain
seperti pengelolaan kalender kerja, meeting, jadwal tugas dll. Sebelum
menggunakan Outlook ada baiknya terlebih dahulu kita mengenal menu-menu utama
dari Outlook itu sendiri. Bagian-bagian dari Outlook sbb :
· Folder List
Folder
List menampilkan semua folder yang ada, seperti Inbox, Personal Folders, dan
Public Folders.
· Toolbar
Toolbar
berisi shortcuts dari perintah yang umum digunakan, seperti "New Mail
Message", "Print", dan"Print Preview ".
Note
: Toolbar dapat diubah sesuai dengan keperluan/keinginan kita.
· Status Bar
Status
Bar menunjukkan banyaknya pesan yang ada pada folder yang ditunjuk, dan berapa
banyak pesanyang belum dibaca jika ada.
· Outlook Bar
Sama
seperti Folder List, Outlook Bar berisi shortcuts untuk fasilitas yang ada pada
Microsoft Outlook, seperti Calendar, Contacts, and Tasks.
2.2.2.
Outlook Untuk Pengelolaan E-mail
· Membaca e-mail
Untuk
membaca e-mail pastikan Outlook berada pada folder “Inbox”, cukup dobel klik
pada pesan yang ingin dibaca. Pesan akan terbuka pada jendela baru. Untuk mengetahui
adanya pesan baru, pada windows toolbar (sudut kiri monitor) akan diberi tanda
amplop yang diiringi de ngan suara “ding” sebagai bunyi default untuk e-mail
yang tiba pada Outlook.
· Membaca File Attachment
Attachment adalah perintah mengirim file (baik itu berupa video, gambar, music, dokumen) melalui email.
Jika
Anda menerima pesan berisi file lampiran (attachment), di folder Inbox pada
Outlook akan di beri tanda paperclip disebelahnya. Untuk membuka file
attachment lakukan langkah berikut :
1. Buka pesan/ mail message.
2. Akan ada icon dengan nama file di body
text.
3. Dobel klik icon file. File attachment akan
terbuka sesuai dengan program aplikasinya. Anda bisa menyimpannya atau menutup
saja filenya.
· Menyimpan file attachment.
1. Sorot file attachment
2. Klik menu File –kemudian Save attachment.
3. Pilih folder tempat menyimpan file yang
diinginkan.
· Membuat Sub Folder pada Inbox.
Apabila
kita ingin mengelompokkan e-mail dan menempatkannya pada folder tertentu hal
ini dapat dilakukan dengan membuat folder baru di dalam folder Inbox. Lakukan
langkah berikut :
1. Pada folder Inbox klik File
2. Pilih New – pilih Folder
3. Ketik nama folder pada kolom yang
tersedia.
· Menggunakan “ Message Rule”
Message
Rule berguna untuk mengatur e-mail agar dapat diterima sesuai dengan aturan
yang diinginkan. Juga berguna untuk mengelompokkan e-mail pada folder tertentu
maupun untuk memblok e-mail yang tidak kita inginkan (iklan, spam, pornografi, dsb).
Untuk
mensetting Message Rule lakukan langkah berikut :
1.
Pada
folder Inbox klik menu Tools
2.
Klik
“Rules Wizard” (Akan muncul menu untuk “ rules wizard”)
3.
Klik
tombol New
4.
Pilih
aturan sesuai keinginan (contoh “ check message when they arrive”), akan
memeriksa e-mail begitu tiba.
5.
Klik
Next
6.
Pilih
lagi sesuai aturan yang diinginkan (contoh “ with specific word in the sender’s
address”), akan memeriksa kata-kata khusus pada alamat pengirim.
7.
Klik
kalimat “ specific word” yang digaris bawah.
8.
Isi
sesuai dengan kata yang kita inginkan. (Mis : Didin)
9.
Klik
Next kemudian pilih “ move it to the specified folder” (akan memindahkan e-mail
ke folder tertentu)
10. Klik specified, akan muncul window
folder daripada Outlook
11. Pilih folder yang anda inginkan pada “Inbox”
(sub folder).
12. Klik Next – kemudian beri nama/judul
untuk message rule tadi
13. Klik Finish
Ada
kalanya kita tidak ingin menerima e-mail tertentu yang mengganggu. Untuk memblokir
suatu e-mail yang tidak kita inginkan (iklan, spam, pornographi, dsb) lakukan
langkah berikut :
1.
Pada
folder Inbox klik Tools
2.
Klik
“Rules Wizard” (Akan muncul menu untuk “ rules wizard”)
3.
Klik
tombol New
4.
Pilih
aturan sesuai keinginan (contoh “ check message when they arrive”), akan
memeriksa e-mail begitu tiba.
5.
Klik
Next
6.
Pilih
with “specific word in the body” (akan mencek kata-kata yang ada pada isi
pesan)
7.
Kemudian
ketik/tambahkan kata-kata apa saja yang ingin Anda sensor/blok.
8.
Klik
Next kemudian pilih/cek “Delete it” (akan langsung menghapus pesan bila tiba)
9.
Klik
Next – kemudian beri nama/judul untuk message rule tadi.
10. Klik Finish
· Membuat/mengirim e-mail
Untuk
membuat pesan (message) baru pada Outlook ikuti langkah berikut :
1.
Pada
folder Inbox, klik menu File
2.
Sorot
New
3.
Klik
menu Mail Message
Ada
3 jenis tujuan pengiriman yaitu : To, Cc dan Bcc. Deskripsinya sbb :
•
To : tujuan standar pengalamatan pesan.
•
Cc : singkatan dari Carbon Copy. Jika Anda
ingin mengirim pesan kepada seseorang, tetapi ingin juga memberikan copy pesan
pada orang lain, cantumkan alamat e-mailnya pada kolom Cc selain pada kolom To.
•
Bcc : singkatan dari Blind Carbon Copy. Jika
Anda ingin mengirim pesan ada 2 orang, pada koIom To dan pada kolom Bcc, keduanya
akan menerima e-mail tetapipenerima yang ada dikolom To tidak akan mengetahui
(blind) bahwa e-mail juga dikirim ke pihak ke 2(Bcc).
Setelah
menentukan bagaimana dan kemana pesan akan dikirim, ikuti langkah berikut :
1. Klik tombol pengalamatan (addressing)
(To, Cc, or Bcc).
2. Pada kolom " Show Names From The : ",
pastikan address list yg benar telah dipilih, klik tanda panah down untuk
memilih.
3. Dobel klik (tekan To->, Cc->, Bcc->)
nama orang yang ingin dikirim. Anda dapat memilih lebih dari satu nama dengan
dobel klik pada nama tsb.
4. Klik tombol OK. Anda akan kembali ke
menu pesan/New Mail Message dengan alamat e-mail yang telah dipilih tadi.
5. Masukkan text pada halaman isian pesan
6. Setelah selesai mengetik pesan klik tombol
Send, dan pesan akan segera dikirim.
· Pemakaian Group
Anda
dapat mengirim e-mail ke Group tertentu, yang terdiri dari gabungan beberapa
alamat e-mail. Hal ini berguna untuk memudahkan pengiriman e-mail ke banyak
alamat sekaligus dalam satu Group daripada menuliskan alamat e-mail satu-persatu.
Untuk membuat Group akan dibahas pada bab selanjutnya.
Untuk
mengirim ke Group lakukan langkah berikut :
1. Klik “To” pada pengiriman e-mail. Akan
muncul menu Address Book.
2. Pada kolom “Show Names from the : ” pilih
All Groups (atau ditempat mana anda membuat groups).
3. Klik Ok dan Send
· Mengirim Attachments (file lampiran)
Jika
Anda ingin menyertakan sebuah file atau lebih pada pesan Anda, seperti dokumen
atau spreadsheet, lakukan langkah berikut :
1. Seperti biasa, buat pesan baru beserta
elamat e-mailnya.
2. Setelah selesai mengetik pesan tekan
tombol Insert pada toolbar.
3. Klik File.
4. Cari file yang ingin anda sertakan.
5. Dobel klik pada file yang akan
disertakan
Setelah
itu file akan dimasukkan ke dalam pesan dan siap disertakan. Cara singkat lain
adalah dengan drag and drop file dari desktop atau Windows Explorer ke body
pesan.
· Membalas (Reply) Pesan
Ketika
menerima dan telah membaca sebuah pesan (e-mail) kemungkinan Anda ingin
langsung membalas pesan ke orang yang mengirimnya. Untuk melakukan hal tersebut
lakukan langkah berikut :
Ø Standard Reply
1.
Pada folder Inbox doble klik e-mail yang ingin Anda balas.
2.
Klik tombol Reply.
3.
Alamat pengirim akan otomatis tercantum pada bagian To :
4.
Ketik pesan anda pada body pesan.
5.
Klik Send.
Ø Reply To All
Fungsi
reply to all akan membalas pesan kepada semua penerima pesan yang dituju oleh
pengirim pertama. Untuk melakukan ini :
1.
Klik tombol reply to all.
2.
Semua penerima akan tercantum di bagian To : dan semua alamat bagian Cc akan
tercantum pada bagian Cc : juga
3.
Ketik pesan anda pada body pesan.
4.
Klik tombol send.
· Out Of Office Assistant
Ms
Outlook menyediakan fasilitas autoreply, dimana Outlook akan otomatis membalas
e-mail yang datang. Jika Anda berada diluar kantor atau sedang tidak ditempat, Anda
bisa otomatis mengirim reply pesan keorang yang mengirim anda pesan, sehingga
orang itu tahu bahwasannya Anda belum membaca pesan yang telah dia kirim. Hal
ini kita lakukan dengan memanfaatkan fasilitas Outlook yang disebut “ Out Of
Office Assistant “. Untuk melakukannya lakukan langkah berikut :
1. Klick Tools pada toolbar.
2. Klik Out Of Office Assistant.
3. Jendela Out Of Office Assistant akan
muncul. Klik radio button disebelah "I am currentlyout of the office"
dan ketik pesan yang ing in Anda sampaikan pada kotak yang tersedia lalu tekan
“OK”.
· Forward (Meneruskan) Pesan
Ketika
Anda sudah membaca pesan, dan ingin juga menyampaikan/meneruskan pesan tersebut
ke orang lain, lakukan langkah berikut :
1.
Buka
e-mail/pesan yang ingin Anda teruskan ke orang lain.
2.
Klik
tombol Forward. Masukkan alamat e-mail penerima. Anda dapat
3.
menambahkan
komentar di body text pesan jikadiinginkan.
4.
Setelah
selesai, klik Send.
· Pemakaian Signature
Kita
juga dapat menyertakan “signature” atau tanda tangan elektronik, biasanya
ditempatkan pada bagian bawah e-mail kita. Signature terlebih dahulu dibuat formatnya
sehingga sewaktu mengirim e-mail tidak perlu dilakukan berulang ulang tetapi
secara otomatis akan tertera pada bagian bawah e-mail kita. Untuk melakukannya
ikuti langkah berikut :
1.
Pada
Outlook klik menu Tools
2.
Pilih
Options
3.
Pilih
Mail Format (ada di atas)
4.
Kemudian
klik tombol “Signature Picker” akan muncul window untuk mengedit “signature”
5.
Pilih
New –masukkan nama untuk “signature” Anda.
6.
Klik
Next –Ketik sesuai yang Anda inginkan, demikian juga anda bisa memilih warna
dan bentuk dari font, lalu Klik “Finish”
Signature
biasanya berisi jabatan dan alamat pengirim e-mail, sehimgga penerima dapat
mengenal identitas pengirim.
2.2.3.
Pengelolaan Personal Address Book/Alamat E-Mail
Outlook
menyediakan fasilitas Address Book untuk mengelola semua alamat e-mail yang ada,
mengelompokkannnya secara personal maupun dalam beberapa Group.
Personal
Address Book berisi alamat e-mail beserta informasi atau data-data dari orang
yang ingin Anda simpan. Untuk membuka Personal Addres Book lakukan langkah-langkah
berikut :
1.
Klik
menu " Tools" pada toolbar.
2.
Klik
" Address Book ".
3.
Secara
otomatis (default) akan menampilkan “ Global Address List” yang berisi alamat e-mail
yang telah terdaftar.
Ø Menambah alamat e-mail ke Outlook
Address Book :
Klik
tanda panah dibawah " Show Names from the : " pilih Outlook Address Book
1.
Klik
File.
2.
Klik
New Entry.
3.
Pilih
New Contact from the list and klik "OK".
4.
Pada
isian Full Name, ketik nama lengkap.
5.
Pada
isian e-mail : ketik alamat lengkap e-mail orang tersebut. Contoh : (k.salsa@yahoo.com). Setelah itu klik tombol “Save
and Close”. Anda juga dapat menambah informasi lain tentang user tersebut, seperti
alamat, no telp, perusahaan, dan lain-lain.
2.3.
WEB E-MAIL
Aplikasi
e-mail berbasis web. Internet Explorer, Netscape, Opera antara lain : plasa, yahoo,
graffiti, hotmail dan sebagainya.
2.3.1.
Langkah-Langkah Membuat Alamat Email
· Nyalakan Komputer
· Aktifkan Internet browser dari Start |
Internet Explorer
· Masuk di halaman situs Internet misalnya
http : //mail. yahoo. com
· Maka akan keluar tampilan sebagai
berikut :
· Klik akan muncul seperti dibawah ini
Ada 3 pilihan, yaitu
:
Free Yahoo! Mail
: Gratisan
Yahoo! Mail Plus
: Membayar
Order Personal
Address : Membayar
· Pilih Free Yahoo! Mail
· Isilah form berikut ini
· Nama Yahoo ID : Isikan dengan “nama
keren” saudara, misalkan : r4fi3 Secara otomatis default alamatnya di yahoo. com
(@yahoo. com).
· Password : Isi password nya dengan karakter,
angka atau gabungan dari keduanya. Password tidak boleh lupa, karena kalau
seandainya lupa, maka kita tidak bisa membuka e-mail yang kita buat. Tulislah
passwordsebanyak dua kali pada kolom yang berbeda.
· Security Question : Digunakan jika kita
kita lupa terhadap password kita, maka kita bisa mengikuti petunjuk dengan security
tersebut. Pada contoh di atas saya contohkan What is your pet’s name? Kita
jawab misalnya : erafi
· Mengisi tanggal kelahiran dengan format :
Bulan, Tanggal dan Tahun kelahiran. Isi sesuai dengan kondisi saudara.
· Alternate e-mail (optional) : Tidak
wajib diisi atau boleh diisi jika sudah punya alamat E-mail.
· Mengisi First name : Nama depan, dan
juga Last name : nama belakang. Kalau seorang hanya mempunyai nama satu kata
saja (aliran satu kata), maka bisa ditulis dobel / sama.
· Residence : Bahasa yang digunakan.
· ZIP / Postal Code : Isikan kode pos.
· Gender : Isikan jenis kelamin, ada
pilihan Male and Female.
· Industry : Pilihlah industri yang sesuai
dengan saudara.
· Title : Isi dengan nama jabatan saudara pada industri
atau lembaga tempat bekerja.
· Specialization : Isilah sesuai dengan spesialisasi saudara
bekerja.
· Interests : Saudara tertarik dalam bidang apa? Pilih optionyang
ada dengan cara memberi tanda (Ö), pada pilihan yang tersedia.
· Mengetikkan kata yang sama seperti
tertulis di dalam kotak-kotak dibawahnya.
· Klik
OK
· Jika form yang Anda submit sukses maka yahoo
akan memberikan ucapan selamat bahwa registrasinya sukses
2.3.2.
Mengecek E-Mail
Untuk
mengecek E-mail ikuti langkah-langkah sebagai beriku :
1. Masuk di halaman situs Internet misalkan
http : //mail. yahoo. com
2. Ketik Yahoo ID dan juga Passwordnya.
3. Klik Submit
4. Klik subject e-mail yang akan di baca
misalnya “belajar tik”
5. Dengan demikian akan muncul identitas
pengirim dan isi e-mailnya
2.3.3.
Mengirim E-Mail
Untuk
mengirim E-mail ikuti langkah-langkah sebagai berikut :
1. Masuk di halaman situs Internet misalkan
http : //mail. yahoo. com
2. Ketik Yahoo ID dan juga Passwordnya.
3. Tetapi jika sudah login di e-mail
account anda, cukup tekan Compose
4. Berikutnya isilah form yang telah
disiapkan :
· To : alamat e-mail yan g dituju
(tuliskan secara lengkap)
· Cc : tembusan(jika dibutuhkan)
· BCc : tembusan khusus(jika dibutuhkan)
· Subject : tema surat (gambaran utama isi
surat)
· Tulislah isi surat anda
· Jika Anda ingin melampirkan file pada
e-mail anda, klik Attachment
· Carilah file yang akan di lampirkan l
· Komputer akan mencari dan menscan file
yang akan dilampirkan
· Jika file sudah ditemukan dan komputer
tidak mendeteksi virus, proses bisa dilanjutkan dengan menekan ok
· Setelah selesai dan Anda yakin sudah
benar tekan send untuk
mengirim e-mail tersebut
· Jika alamat e-mail yang dituju semua benar,
maka akan tampil informasi bahwa e-mail tersebut akan terkirim
2.3.4.
Membaca Dan Membalas E-Mail
Setelah
inbox e-mail anda terbuka pilih dan klik e-mail yang akan dibaca dengan memilih
salah satu subject yang ada, misalnya membuka surat balasan dari : Wismanu, subject
: Re : Belajar Membuat dan Kirim. Amati dan baca e-mail tersebut, jika Anda mau
mebalas e-mail tersebut tekan tombol tanpa harus mengisi kembali alamat e-mail
yang dituju.
Tulis
isi surat Anda dan jika yakin benar tekan tombol send
2.3.5.
Bergabung Dengan Mailing List
Mailing
list adalah salah satu wadah untuk menjalin komunikasi dalam sebuah komunitas, yang
keanggotaannya ada yang bersifat terbuka ada pula yang tertutup. Contoh Mailing
List Dikmenjur : Mailing List untuk komunitas Pendidikan Menengah Kejuruan, Pusat
Pengembangan dan Penataran Guru / P3G, Bidang-Direktorat Pendidikan Menengah
Kejuruan / Dikmenjur RI).
Informasi
terbaru dari Direktorat Pendidikan, khususnya tentang Pengembangan TI, Pelatihan,
Beasiswa, Proposal bantuan, Beasiswa akan banyak disampaikan melalui Mailing
List ini.
Cara bergabung dengan
sebuah mailing list yaitu :
1. Subscribe /mendaftar pada salah satu
group atau lebih, misalnya :
dikmenjur-subscribe@yahoogroups.
com
2. Ikuti petunjuk dari administrator dari group
yang bersangkutan.
3. Perkenalkan diri Anda
2.4.
MEDIA SOSIAL
2.4.1. Pengertian Media Sosial
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para
penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi
meliputi blog,jejaring sosial,
wiki, forum dan dunia virtual.
Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum
digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia
2.4.2. Contoh Media Sosial dan
Kegunaannya
·
Konten Kolaborasi (contohnya, Wikipedia)
·
Blog dan Microblog (contohnya, Blogspot, Blogger)
·
Situs jejaring social berita (contohnya, Digg)
·
Konten Video (contohna, Youtube)
·
Situs Jejaring Sosial plus foto (Instagram)
·
Situs Jejaring Sosial (contohnya, Facebook, Twitter)
·
Jejaring sosial guru dan murid (contohnya, Edmodo)
·
Game Dunia Maya (contohnya, World of Warcraft, Point Blank)
·
Situs Dunia sosial virtual (contohnya, Second life)
DAFTAR
PUSTAKA
http : //www. webfoot. com/advice/translations/indonesian/
e-mail. status. html
http : //www. learnthenet.
com/english/section/ e-mail. html
http : //www. yahoo. com
Piotun Y Simanjuntak, http
: //www. ilmukomputer. com/umum/piotun-out look. php
0 komentar:
Posting Komentar