topbella

Senin, 29 Mei 2017

BEGINILAH PARA SALAF DI BULAN RAMADHAN

🌙 *BEGINILAH PARA SALAF DI BULAN RAMADHAN* 🌕

💬 Al-Allåmah Shålih bin Fauzån  al-Fauzån _hafizhahullåhu_ berkata :

🔗 Keadaan para salaf di bulan Ramadhan. Keadaan para salaf sebagaimana yang tercatat di dalam buku-buku yang diriwayatkan dengan sanad-sanad yang _tsiqqot_ (kredibel) tentang mereka :

⚙▪Bahwa mereka berdoa meminta kepada Allåh _Azza wa Jalla_ agar Allåh mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan sebelum masuk bulan Ramadhan. Karena mereka mengetahui di dalam bulan Ramadhan itu terdapat kebaikan yang besar dan manfaat yang berlimpah.

⚙▪Kemudian apabila telah masuk bulan Ramadhan, mereka meminta kepada Allåh untuk membantu mereka agar bisa beramal shalih di dalamnya.

⚙▪Setelah bulan Ramadhan selesai, mereka meminta kepada Allåh agar menerima segala amal shalih mereka.
Sebagaimana firman Allåh _Jalla wa 'Ala_ :

وَالَّذِينَ يُؤْتُونَ مَا آتَوْا وَقُلُوبُهُمْ وَجِلَةٌ أَنَّهُمْ إِلَىٰ رَبِّهِمْ رَاجِعُونَ أُولَٰئِكَ يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَهُمْ لَهَا سَابِقُونَ

_Dan orang-orang yang memberikan apa yang telah mereka berikan, dengan hati yang takut, (karena mereka tahu bahwa) sesungguhnya mereka akan kembali kepada Tuhan mereka. Mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya._
[QS Al-Mu'minůn 60-61]

⚙▪Mereka begitu bersungguh-sungguh di dalam beramal, kemudian mereka merasa cemas setelahnya, apakah amalnya akan diterima ataukah ditolak?

⚙▪Hal ini disebabkan pengetahuan (ilmu) mereka akan keagungan Allåh _Azza wa Jalla_, dan pengetahuan mereka bahwa Allåh tidaklah menerima suatu amalan melainkan yang ikhlas mengharap wajah-Nya dan benar sesuai dengan sunnah Rasulullah  ﷺ .

⚙▪Mereka tidak memuji diri-diri mereka sendiri dan mereka khawatir amalan mereka tertolak. Kemudian mereka beramal dengan susah payah untuk bisa melaksanakannya. Karena Allåh _Azza wa Jalla_ berfirman :

إِنَّمَا يَتَقَبَّلُ اللَّهُ مِنَ الْمُتَّقِينَ.

_Sesungguhnya Allåh hanya menerima dari orang-orang yang bertakwa._
[QS Al-Ma'idah 27]

⚙▪Mereka mendedikasikan diri mereka secara total di bulan Ramadhan untuk beribadah dan mengurangi aktivitas duniawi.

⚙▪Mereka menghabiskan waktu mereka untuk duduk bermajelis di rumah-rumah Allah _Azza wa Jalla_.

⚙▪Mereka berkata : "Kami menjaga puasa kami dan tidak mau menggunjing seorang pun."

⚙▪Mereka sibuk dengan mushaf dan saling mempelajari Kitabullah _Azza wa Jalla_.

⚙▪Mereka menjaga waktu-waktu mereka dari kesia-siaan. Mereka tidak mau membuang-buang dan menyia-nyiakan waktu sebagaimana kebanyakan manusia di zaman ini.

⚙▪Namun mereka menjaga waktu mereka di malam hari dengan _qiyåm_ (mendirikan sholat malam) dan di siang hari dengan berpuasa, membaca Al-Qur'an, berdzikir dan amalan kebajikan lainnya.

⚙▪Mereka tidak sudi membuang waktu mereka walau hanya sedetik saja atau hanya sekilas, melainkan mereka gunakan waktu mereka untuk beramal shalih.

💽 http://alfawzan.af.org.sa/node/14891.

*Selamat bersiap menyambut bulan mulia* 🙏🏽🙏🏽🙏🏽

Wallahu'alam

0 komentar:

Posting Komentar

Krida Salsabila
Lihat profil lengkapku